Kamis, 01 Desember 2011

SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA!!!! ^_^

Tahu ga sekarang itu hari apa? tanggal berapa dan bulan berapa? Iupz ,,pada udah tahu semua,, ada yang bilang “hari ini hari Kamis, bego banget sih yang nanya.” Atau “tanggal satulah, gitu aja nanya. Ga punya kalender ya, mbak?” udah,, segitu aja jawabannya? Ga ada pernyataan yang lebih cerdas lagi? Jika kamu peka dan ada wawasan dikit tentang hari ini, maka jawabanmu….? Sudah jelas kan? Pada hari ini tanggal 1 Desember 2011 dunia memperingati hari aids sedunia,, “ooooo”…..kebengongan mulai terbentukk,, hihihihi. Lalu ada pertanyaan “Emang kenapa sih diperingati? Perasaan kurang kerjaan deh”. Eits tunggu dulu. Buat kamu yang boring akan peristiwa ini, (sampe SMA kali ya) coba deh baca dulu. Dihayati, diresapi, tapi jangan dimakan. Langsung aja deh,, simak ya sejarahnya…..
Pada tahun 1988 telah digelar sebuah perjanjian oleh kementrian kesehatan didunia untuk penggalakan sebuah kegiatan pencegahan Aids. Karena Aids adalah penyakit yang berbahaya dan mengakibatkan kematian. Sedikit flashback saja, Aids adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh jadi tidak stabil dan sangat lemah dan kasus terburuknya, berlanjut pada kematian. Penularannya terjadi melalui Hubungan internal, air liur dan jarum suntik. Penularan yang begitu riskan ini mendorong digagasnya pencegahan Aids sedunia terutama  di Negara Afrika. Menurut data yang diperoleh dari http://www.avert.org/aidssouthafrica.htm  pada tahun 2009 tercatat ada 330.000 orang dengan kaus Aids dan pada tahun 2010 meningkat menjadi 75 persennya. Dapat dibayangkan. Betapa ngerinya!!! Sebenarnya bukan hanya di Afrika saja, tapi di beberapa belahan duniapun ada sejak tergalakkannya trend serba “bebas” saat ini.
Di Indonesia saja, telah  tercatat 6.087 terkena kasus baru HIV. Secara kumulatif kasus AIDS ditemukan lebih banyak pada laki-laki (64,9%) dibanding perempuan. Sementara pada kelompok umur, kasus AIDS paling banyak ditemukan pada rentang usia 20-29 tahun (45,5%). Fakta ini menunjukkan, sebanyak 85 persen dari mereka yang terkena AIDS adalah usia produktif. Data ini diambil dari sumber Kementerian Kesehatan RI pada triwulan kedua 2011.
Sebagai wujud partisipasi terhadap maraknya kasus Aids yang masih bernaung di dunia, Indonesia turut berpartisipasi dalam usungan tema  "Lindungi Pekerja dan Dunia Usaha dari HIV dan AIDS". Acara ini diselenggarakan langsung hari ini oleh Menteri Tenaga Kerja, Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Panitia Hari Aids Sedunia 2011. Kegiatan yang diadakan bertujuan agar kerugian dunia usaha dapat terhindar dengan melindungi pekerja yang terkena HIV dan AIDS. 


Udah tahu kan prend ngapain kita harus ngrayain hari ini? Selain bentuk empati terhadap korban Aids, kita sebagai remaja produktif harus turut partisipasi dalam pencegahan Aids ini. Dengan memberantas segala yang “bebas”. Tahu kan maksudnya? Kita sebagai remaja Indonesia harus lebih produktif dalam sesuatu hal yang positif. Sesuatu yang bersifat “bebas”pula tapi terarah dalam lingkup hal yang positif 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar