Rabu, 21 Desember 2011

BAGI DIRI ANDA YANG SUKA LUPA…


Saat ini tidak hanya kakek nenek saja yang suka pikun. Tapi sudah banyak remaja terkini yang juga senang dengan kata sifat ini. Yang menjadi pertanyaan kok bisa? Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Begitu pula dengan kasus yang melanda saat ini. Apa alasan dibalik itu semua? Apa memang dari keturunan? Atau dari kebiasaan? Seperti apa cerita lengkapnya? Silahkan dibaca!


Kalau ada siswa di bangku sekolah, biasanya ditanya gurunya ketika hari Senin, “Badu, kenapa kau tidak mengumpulkan tugasmu?”. Jawabannya sederhana. “ Maafkan saya, bu tugas saya ketinggalan tadi di rumah”, jawab Badu. Ada dua kemungkinan: ia benar-benar meninggalkannya di rumah atau ia malah tidak mengerjakan sama sekali. Jika kasusnya yang pertama, itu masih bisa dimaklumi. Jika yang kedua itu artinya Badu memang anak pemalas. Namun kedua hal tersebut sebenarnya memiliki tingkat kesalahan yang sama. Jika yang pertama menunjukkan bahwa Badu tidak bertanggungjawab atas kewajibannya. Itu juga sama fatalnya dengan yang pertama hanya karena ia lupa membawanya sehingga keetinggalan.

Lalu yang menjadi pertanyaan mengapa mereka bisa lupa? Perlu diingat ini bukan hanya terjadi pada Badu saja. Tetapi juga terjadi pada kebanyakan kaum remaja saat ini. Faktor apa saja yang mempengaruhi?
1. Rendahnya minat baca
2. Rasa malas
3. Sukanya senang-senang
4. Terlena dengan teknologi yang tidak disalurkan secara positif.
5. Terlalu berlebihan dalam menyenangi hobi yang tidak bermanfaat
6.  Rendahnya kedisiplinan

Keenam diataslah penyebabnya. Dengan keadaan yang serba enak, para remaja (termasuk mahasiswa) tidak bisa mengendalikan dirinya untuk membatasi diri. Sehingga mereka lebih senang untuk melihat film, smsan, facebook, twitter, dsb. Seharusnya mereka lebih mengimbangi dengan hal-hal yang berbau wawasan. Karena dengan wawasan otomatis mereka diajak berfikir secara tidak langsung.  Mengasah pikiran agar lebih tajam dengan wawasan. Hal itu sangat membantu dalam hal daya ingat.

Jadi bagi anda yang mengalami hal ini pula, segera perbaiki keenam hal diatas. Selamat mencoba dan Semoga berhasil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar