Senin, 19 Desember 2011

BENTENG TERLUAS DI DUNIA TERNYATA ADA DI SULAWESI!!!!

              Kepikiran ga sih kalu sebenarnya benteng terluas di dunia itu ada di Sulawesi tepatnya di kepulauan Bau-Bau. Ga nyangka, kan pastinya. Ya, kalau menjurus ke topik ini pasti persepsi kita akan menoleh pada Negara militer pada abad ke 16 yaitu barang kali di Inggris atau di Rusia dengan bekas nama dari UniSoviet. Ternyata tidak kawan, terkutip pada website harian kompas tadi pagi jam 02:33 WIB bahwa memang benar. Pemilik dari benteng terluas di Dunia adalah Negara kita kawan. Wah, sepatutnya nih kita berbangga diri.
            Benteng ini dibangun pada tahun 1591-1597 pada masa pemerintahan oleh Sultan Buton III La Sangaji Sultan Kaimuddin atau dikenal dengan julukan `Sangia Makengkuna`Sesuai dengan nama pendirinya benteng ini diberi dengan nama benteng Buton. Teknik pembuatan dari benteng ini cukup unik. Dengan tumpukan batu kapur, rumput laut, dan putih telur. Fantastis sekali.
           Benteng ini pernah masuk dalam book of world record, Guiness pada tahun 2006  dan juga rekor muri sebagai benteng terluas di dunia. Bagaimana tidak? Lebarnya saja 2 meter, panjangnya 3 meter dan tingginya 4 meter. Dan yang lebih menghebohhkan lagi luas kompleks toral dari benteng ini adalah 401.911 meter persegi yang telah mengalahkan benteng di Denmark sebagai benteng terluas di dunia sebelum benteng ini. Bisa dibayangkan kan? Kira-kira berapa kalinya rumah anda itu?
Hal yang tidak membuat mati di daerah benteng ini adalah seringnya pengunjung untuk mendatangi benteng ini sebagai tradisi budaya rutin. Ini merupakan sebuah nilai tambah dari keistimewaan benteng ini.

          Pengen tahu gimana detailnya luasnya benteng ini? Wisata aja ke Sulawesi di kepulauan seribu tepatnya di Bau-Bau. Selamat membuktikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar