Senin, 05 Desember 2011

Jembatan kukar vs jembatan porwokerto
Tentu masih segar dalam ingatan kita, sebuah jembatan kokoh di Kalimantan Timur ini ambruk. Jembatan yang dibangun sekitar tahun 2001 silam ini harus meninggalkan kejayaannya di penghunjung tahun 2011. Padahal, jembatan ini adalah kebanggaan masyarakat Kaltim. Dilihat dari rekonstruksinya, jembatan ini persis jembatan yang ada di San Francisco yaitu Golden Gate. Ditambah lagi jembatan ini tempat favorit dalam tujuan wisata. Mengapa bisa ambruk? Padahal kalau dilihat sangat-sangatlah kuat. Bagaimana jika kita bandingkan jembatan tua yang berada di Purwokerto?
Kejadian 26 November lalu menyisakan luka pada masyarakat Kaltim. Selain banyaknya korban jiwa yang melayang, disesalkan untuk jembatan yang indah ini ternyata tak kuat untuk berdiri lama. Infrastruktur yang buruk dan perencanaan yang lagi-lagi kurang matang yang menyebabkan umur jembatan ini pendek. Menurut analisis penelitian dari 3 universitas, penyebabnya adalah adalah adanya kelemahan pada klem pengikat kabel vertikal. Ini menunjukkan bahwa arsitektur dan penbangunan di Negara kita masih buruk.
 Jika kita bandingkan dengan jembatan Purwokerto yang dibangun sejak 1912 ini masih berdiri kokoh. Walaupun masih dibutuhkan perawatan ekstra (74 Milliar) tapi segala yang ada pada jembatan ini masih bagus. Contohnya saja baja dari jembatan ini masih bisa menyangga dengan kuat. Dan tidak ditandai suatu tanda-tanda kerapuhan dalam jembatan ini. Padahal jenbatan ini berdiri selama satu abad. Mengapa tetap kokoh? Karena infrastruktur colonial Belanda waktu itu sangatlah mengagumkan.
Jadi, perlu adanya pembelajaran lebih pada para infrastruktur Indonesia dalam membangun suatu rancangan bangunan kokoh, awet serta menawan. Sehingga meminimalisir segala kerugian yang terjadi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar