Senin, 07 November 2011

SUMPAH PEMUDA = MAHASISWA MASA KINI????


             Delapan puluh tiga tahun sudah Indonesia melewati sebuah hari dimana sebuah ikrar diguncangkan dalam bumi pertiwi. Sebuah ikrar yang terucap untuk merangkul bangsa ini menjadi satu. Antusias dari bibit-bibit bangsa kaum cendekiapun berapi-api dalam mengikrarkan sebuah sumpah yakni SUMPAH PEMUDA. Demi melepaskan borgol jajahan para penjajah, ikrar sucipun terucap tepat pada tanggal 28 Oktober 1928. Tidak hanya itu, perjuangan mereka masih berlanjut hingga proklamasi dibacakan demi kemerdekaan. Namun, melihat para pemuda saat ini sangat miris rasanya. Hallooooo, ada apa dengan pemuda nusantara abad 21 ini?????????????

            Ga perlu nengok jauh-jauh. Masi inget kan gmana kejadian lengsernya bapak Soeharto yang musti di ulang-ulang di kegiatan-kegiatan mahasiswa atau bahkan uda ada pas SMA tepatnya di pelajaran Pkn. Disitulah kita bisa menyimak perjuangan rakyat dalam mempertahankan hak warga negaranya. Soeharto yang dikenal sebagai bapak diktator ini telah memimpin indonesia selama 31tahun. Ehhh....??? tapi rakyat yang mana yaaa??? Hayo yang mana?? Iupz, adalah rakyat cendekia yang berjuang dengan semangat dalam memperjuangkan hak-hak para rakyat kecil. Dari sanalah imej seorang mahasiswa menjadi sosok idola rakyat.

            Namun, sekarang? Apa tetap eksis idola tersebut? Tidak sedikit mereka disana kecewa pada idola tersebut. Bahkan kedudukan sudah lengser. Gelar mereka yang dipanggil Mahasiswa sekarang dipandang sama dengan siswa. Hadoeh hadoeh ndag betul ini..
            Coba deh simak penelitian dari Prof. Masruichi Guru Besar (Ilmu Pendidikan Moral Universitas Negeri Malang yang membagi mahasiswa dalam beberapa kategori
1.      Mahasiswa Idealis_Konfrontatif yaitu mahasiswa yang aktif menentang kemapanan
2.      Mahasiswa Idealis_Realistis yaitu mahasiswa yang kooperatif dalam menentang kemapanan
3.      Mahasiswa Oportunis yaitu mahasiswa yang mendukung pemerintah
4.      Mahasiswa Profesional yaitu mahasiswa yang cenderung pada kuliah oriented
Tapi tahukah anda? Yang ada diatas tersebut hanyalah 10% dari mahasiswa yang ada di negeri tercinta ini. Sisanya? Gak tahu deh!!!! Hahahahaha memang sangat menggelikan jika melihat fakta ini. 90% lainnya cenderung menjadi mahasiswa rekreatif yaitu mahasiswa yang hanya senang-senang saja yang apatis terhadap lingkungan sekitar mereka. Hayo!! Gimana ini para mahasiswa? Padahal tumpuan rakyat selalu bersandar padamu. Padahal kamulah pengganti dari kepemimpinan yang sudah lama bobrok ini nantinya. Kok kamu masih gitu-gitu aja? Apa kamu mau nglanjutin busuknya kepemimpinan yang terbalut dengan kekorupsian? Sampai berapa tahun? Dan harus berapa ratus juta lagi rakyat harus jadi tumbal negara? 
 
Karena itu kawan kita maknai kembali arti dari Sumpah Pemuda yang terikrar 83 tahun silam. Kita harus menjadi para pemuda yang jadi kebanggaan rakyat. Yang benar-benar mereka tunggu selama bertahun-tahun. Lakukan perubahan sekarang juga. Sekecil apapun sangat berarti bagi negara ini. Jangan hanya terlena dengan hal-hal yang selama ini memanjakan kita, sehingga jauh pada usaha kita untuk merubah negeri ini menjadi lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar