Jumat, 28 Oktober 2011

NULIS ITU GAMPANG FREND!!!!


Ga punya inspirasi? Lagi buntu? Atau nyari waktu luang? Eh, itu alasan yang basi lho prend!!!! Semua itu bisa diatasi. Selama ada kemauan. Tapi tanpa ada kemauan juga bisa lho seperti spontanitas gitu deh!!! Mau bukti?? Yukz simak penjelasan di bawah ini....

Ibarat sedekah, yak itulah tulisan. Berarti yang ga mau nulis itu orang pelit. Mungkin saja. Setiap orang pasti punya suatu konstribusi yang bisa disalurkan melalui berbagai cara. Tapi cara yang bagaimana? Tak sedikit orang yang salah dalam penyampaian konstribusinya. Misalnya saja budaya kita budaya ngomong, tapi ga ada yang jelas n penting. Sekalipun ga penting tapi  dikonstribusikan dalam cara yang bener pasti berguna deh!!!
Tahu ga kenapa negara-negara maju selalu terdepan? Karena konstribusi mereka tersalurkan dengan benar. Sebagian besar adalah lewat tulisan. Karena dengan tulisan, banyak orang akan membaca dan dengan membaca pikiran akan semakin berkembang.

Tulisan ga harus sempurna buanget. Asalkan ga nyiksa pembaca, tulisan bisa sangat disukai. Apa artinya? Ya, jangan mbulet-mbulet kalo buat, yang simple aja. Nah ada tipsnya untuk buat karangan yang baik yaitu:
  1. SPOK
  2. Kalimat maksimal 15 kata
  3. Jangan nyiksa pembaca
  4. Buat ngerti pembaca dengan apa yang ditulis
  5. Hindari tulisan asing
  6. Gunakan istilah populer 
  7. Jangan sembunyi dalam tulisan asing
  8. Gunakan istilah popule
  9. Spesifik dan kongrit
  10.  Mendetail namun relevan Analogi sederhana

Jangan takut dengan 11 hal di atas jika kalian masih pemula. Pokoknya tulis aja yang ada di pikiranmu. Semakin lama kamu nulis kamu akan terbiasa, dan jangan lupa juga harus ada yang baca tulisanmu. Jangan malu untuk meminta orang membaca tulisan kita karena dari situlah evaluasi kita.

kitou aya
Sebagai motivasi saja, apa pernah melihat drama jepang nyata 1 litre of tears? Ya, Kitou Aya yang divonis dokter mengalami penyakit spinocerebellar Degeneration (penyakit otak yang tidak mampu untuk mengendalikan aktivitas seseorang yang menyebabkan kematian) sampai akhirpun didalam kondisinya yang menyedihkan (lumpuh total) ia selalu menulis. Karena ia tahu penyakitnya telah menggerogoti impiannya. Dengan dorongan ibunya, iapun menulis sebuah diari yang sangat memotivasi orang banyak. Hingga akhir hayatnya, tulisannya terkopi hingga 1.1 juta kopi di Jepang.
Diari kitou aya



So, apa yang menghambatmu untuk nulis? Bahkan tulisan yang dibuat oleh orang yang sangat sangat tidak berdayapun pengapresiasiannya begitu tinggi. Apalagi kamu yang sehat. Pasti lebih bisa dong dari mereka. Latihlah dirimu untuk nulis. Jangan tunggu waktu luang, dia ga akan pernah datang, jangan alasan “lagi buntu nih” karena inspirasi selalu ada setiap saat selama kamu harus punya wawasan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar